Jumat, 28 Desember 2012

Tracking Curug

Curug Cadas Ngampar



       Curug Cadas Ngampar merupakan sebuah air terjun di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor. Belum banyak orang yang tahu tentang curug ini mungkin karena tidak ada akses yang bisa di lewati. Beberapa bulan yang lalu, jalan ini resmi dibuka untuk umum sehingga Anda bisa mengunjunginya sekarang. Di Curug Cadas Ngampar terdapat pula Curug Putri dan Curug Panganten yang letaknya sedikit terpisah, tetapi tidak begitu berjauhan. Bila berkunjung ke sana, Anda akan melewati jalan berbatu menurun ditemani hutan pinus di sebelah kiri dan kanan jalan. Suasana asri akan Anda temukan. Yang membedakan curug ini dengan curug yang lain adalah kondisi tempat yang masih alami karena masih sangat sedikit sekali sentuhan kaki dan tangan manusia. Sebelum mencapai Curug Cadas Ngampar, Anda akan menemukan persimpangan jalan yang memisahkan antara Curug Putri dan Curug Penganten. Untuk menuju ke Curug Putri tidak jauh, Anda tinggal jalan ke hulu sungai dan mengambil arah kanan. Curug Putri memiliki ketinggian sekira 7 meter dan lebar kolam sekira 5 meter. Aliran air yang cukup pelan dan jernih ini sangat sayang untuk Anda lewatkan. Sedangkan untuk arah ke sebelah kiri adalah jalur akses menuju ke bagian bawah Curug Cadas Ngampar dan Curug Penganten.

Curug Cigamea


    Curug Cigamea berlokasi di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, yang merupakan bagian dari kawasan wisata Gunung Salak Endah (GSE_. Untuk menuju ke lokasi air terjun, pengunjung diharuskan berjalan kaki dari areal parkir, melalui jalan menurun kurang lebih 350 meter. Curug Cigamea terdiri dari dua buah air terjun utama dengan karakter yang berbeda. Air terjun pertama yang lebih dekat dengan jalan masuk, berupa air terjun dengan tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan warna hitam. Tipe air yang jatuh lebih bersifat percikan air yang langsung melimpah jatuh dan cukup deras meskipun nampak jelas tidak sederas air terjun kedua.








Curug Ngumpet


        Curug Ngumpet adalah satu dari beberapa air terjun berukuran sedang yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Air terjun dan kawasan hutan lindung yang sangat luas ini barangkali tidak seterkenal dan tidak semaju daerah Puncak. Namun kawasan ini menawarkan pengalaman yang unik, khususnya bagi yang suka menikmati udara segar dalam wilayah hutan rindang yang aman, bersantai di perkemahan, atau melakukan jelajah ringan sampai berat ke beberapa air terjun. Curug Ngumpet yang indah ini ditempuh dalam waktu 2-3 jam dari Jakarta, arah ke Selatan.

Curug Seribu


    Curug Seribu terletak di daerah kawasan wisata Gunung Salak Endah, tepatnya di Wana Wisata Gunung Bunder, Pamijahan, yang masih berada di wilayah Kabupaten Bogor. Ketika Anda sampai di kota Bogor, pilih arah IPB. Setelah beberapa kilometer melewati IPB, Anda akan menemukan sebuah jalan menuju ke Gunung Bunder melewati Cikampak dengan jalur yang sedikit sulit, atau alternatif lain melewati Cibatok yang relatif lebih aman untuk kendaraan roda empat jenis. Tempat ini termasuk dalam kawasanTaman Nasional Gunung Halimun Salak. Gunung Bunder sendiri merupakan hutan milik Perhutani yang sebagian besar ditumbuhi pohon pinus. Di kawasan Gunung Bunder, Anda bisa menemukan beberapa tempat wisata menarik seperti Curug Cadas, Curug Cihurang, Curug Ngumpet,Curug Cigamea, Curug Pangeran, dan Curug Seribu. Selain itu, terdapat juga kawasan wisata Kawah Ratu. Dengan ketinggian mencapai 1050 meter dari permukaan laut, Wana Wisata Gunung Bunder adalah tempat yang sejuk dan masih cukup alami. Dan lokasi ini bisa menjadi alternatif wisata selain kawasan Puncak yang sudah cukup padat. Di kawasan ini juga terdapat camping ground bagi Anda yang senang berkemah, dan juga tersedia fasilitasoutbound. Anda juga rute treking dan hiking yang bisa ditelusuri untuk menuju berbagai air terjun di kawasan ini.

Curug Cihurang



   Curug Cihurang memiliki dua jalur (tumpahan) air terjun yang ketinggian airnya masing-masing tidak terlalu tinggi, tapi cukup bersih dan terawat. Kolam air di bawah curug pun tidak terlalu dalam, sehingga pengunjung bisa berfoto tepat di depan dinding curug. Curug ini berada di ketinggian sekitar 890 m dari permukaan laut (dpl) dan termasuk dalam Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) di kaki Gunung Salak di bawah naungan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak).  
Tracking

1 komentar:

  1. keren gan rute+fotonya.

    untuk paket perjalanan wisata tracking di sumatera barat silahkan klik di sini gan.

    BalasHapus